Jakarta
Barat (Humas) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat Sofi’i
didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kridarto memberikan pengarahan sekaligus
membuka secara resmi kegiatan Sinkronisasi Rencana Kerja dan Anggaran Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat disalah satu Hotel di
Kawasan Cengkareng Jakarta Barat, Senin (18/11).
Kegiatan
ini bertujuan untuk mewujudkan Perencanaan Program dan Anggaran yang Akuntabel,
Efektif dan Efisien.
Dalam arahannya
Sofi’i menekankan, bahwa perangkat kegiatan anggaran untuk tahun anggaran 2020
di siapkan dari delapan DIPA yang tersedia dan meminta pada Pejabat Pelaksana
Kegiatan (PPK) untuk menyiapkan perangkat kegiatannya.
“Nah,
untuk DIPA tahun anggaran harus segera diselesaikan kegiatannya agar realisasi
anggaran bisa maksimal,” imbuh Sofi’i.
Sofi’i
mengingatkan agar semua Kepala Seksi/Penyelenggara, bila diberi tugas tambahan menjadi
PPK harus mau dan jangan menolak, karena itu amanah yang diberikan pimpinan
yang harus dijalankan.
“Jadi
saya minta, dalam satu bulan tersisa ini, DIPA harus segera diselesaikan dan
dikawal terus, termasuk mengawal dan pro aktif terhadap kelebihan DIPA Bimas Kristen,”
tutur Sofi’i dihadapan 45 peserta.
"Termasuk
MIN yang sudah dilebur dengan Seksi Penmad agar segera merealisasikan
anggarannya yang masih rendah," ungkap Sofi'i.
Lebih
jauh Sofi’i mengungkapkan bahwa raelisasi anggaran tahun 2019 dari masing-masing
Seksi/Penyelenggara antara lain, Seksi Bimas Kristen baru mencapai 20%, hal ini
disebabkan oleh kelebihan anggaran yang belum dikembalikan. Bimas Katholik realisasi
anggaran sudah mencapai 88 %, sementara realisasi anggaran Bimas Hindu
tidak maksimal serapan anggarannya karena 2 orang Guru pindah ke Pemda. Penyelenggara
Haji Umroh diprediksi realisasi anggaran mencapai 80% untuk tahun 2019.
Sedangkan Seksi Bimas Islam sudah terealisasi 80% dan Seksi Pendis sudah
terealisasi 84 %.
"Setelah
semua kegiatan anggaran selesai dilaksanakan, segera dibuat laporan pertanggung
jawaban (LPJ) yang benar dan akuntabel,” pungkas Sofi’i. /Joel