Supervisi NR, Upaya Meningkatkan Kinerja - Kemenag JakBar

15 April 2019

Supervisi NR, Upaya Meningkatkan Kinerja

Jakarta Barat (Inmas) --- Kantor Kementerian Agama Jakarta Barat melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan Supervisi Nikah Rujuk (NR) Triwulan I Tahun 2019  dilaksanakan sejak Senin 8 April hingga Senin 15 April 2019 pada KUA se-Jakarta Barat dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja terutama dalam menjalankan tugas dibidang administrasi nikah dan rujuk serta pelaksanaanya.

Usai Supervisi, Kepala Kantor, Sofi'i memberikan pembinaan sekaligus mengevaluasi hasil kinerja ASN dan pelaksanaan nikah rujuk. Dalam pembinaan tersebut Sofi'i lebih menekankan sekaligus mengajak pada seluruh pegawai KUA agar tertib administrasi sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan, karena apapun yang dikerjakan sudah ada aturanya.

"Jadi,..yang dihadapan kita, yang kita kerjakan itu tidak terlepas dari aturan. Karena setiap apa yang kita kerjakan dalam tugas dan fungsi kita sebagai ASN sudah diikat oleh aturan. Itu pasti,"ungkap Sofi'i dihadapan ASN KUA Kec. Kembangan, Selasa (9/4/19)

"ASN itu sudah di booking oleh aturan," lanjutNya.

"Ya, misalnya disiplin kerja, disiplin administrasi, disiplin kehadiran termasuk kerapihan dalam berpakaian itu semua sudah diatur. Itu harus ditaati," imbuh Sofi'i.   

Selain itu Sofi'i mengatakan bahwa tugas dari Tim Supervisi adalah merupakan tugas yang sudah diamanatkan oleh Undang - undang sebagai bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan pernikahan di Balai Nikah maupun diluar Balai Nikah. termasuk realisasi penerimaan dan penggunaan PNBP NR atas biaya nikah atau rujuk diluar KUA.

Pantauan Inmas terhadap hasil pelaksanaan supervisi berdasarkan Instrumen yang ada sudah  banyak kemajuan dan perbaikan dari hasil supervisi sebelumnya. Pelayanan nikah atau rujuk sudah sesuai dengan SOP dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada hal ini tidak terlepas dari sistem administasi nikah yang sudah berbasis Website, sehingga sulit untuk memanipulasi data nikah. 

"KUA itu wajah Kemenag, tampilan itu akan terlihat bagus kalau wajahnya sudah bagus," ucap Jandan Kepala Seksi Bimas Islam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi Bimas Islam Moh. Jandan Zaeni Dahlan, Kasubag TU Kridarto, Tim Supervisi dan seluruh pegawai KUA.  /Joel

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda