Membetuk Generasi Berkualitas melalui Bimwin Pra Nikah. - Kemenag JakBar

16 Juli 2019

Membetuk Generasi Berkualitas melalui Bimwin Pra Nikah.

Jakarta Barat (Humas) --- Untuk membentuk generasi mendatang yang berkualitas, perlunya adanya bimbingan perkawinan (Bimwin) Pra Nikah, termasuk bimbingan kesehatan sebagai informasi dan edukasi bagi calon pengantin sebelum memasuki kehidupan berumah tangga.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat Sofi’i, saat memberikan materi pada Pembinaan Bimbingan Perkawianan (Bimwin) Pranikah di KUA Kecamatan Kembangan, Selasa (16/07/19).

“Begini, pernikahan atau perkawinan bukan saja tentang menghalalkan suatu hubungan dan memiliki keturunan namun, ada aspek kesehatan yan harus menjadi perhatian serius bagi calon pengantin,” Jelas Sofi’i dihadapan 30 pasang calon pengantin.

“Maka, kami hadirkan narasumber dari Puskesmas atau dari kesehatan,” lanjutnya.

“Silakan nanti ditanya yaa, jangan malu malu. Ini penting termasuk bagaimana cara mengatur jarak kelahiran anak yang ideal,” imbuh Sofi’i.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa perkawinan menurut peraturan yang berlaku di negara kita memiliki syarat dan prosedur. Misal sebelum pernikahan dilaksanakan harus mengurus surat surat untuk kelengkapan administrasinya, terus mendaftarkan di KUA dan seterusnya.

“Jadi, nikah yang legal seperti itu. Dan dapat buku nikah sebagai bukti bahwa pernikahan anda tercatat di KUA,” tandas Sofi’i.

“Yang hadir di suscatin ini, bisa menjadi pelopor pernikah legal,” harapnya.

Sementara dari Puskesmas Kecamatan Kembangan Arinda mengatakan, sangat penting bagi calon pengantin mengetahui kesehatan reproduksi sebagai upaya meningakan kesehatan dalam rangka pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. 

Usai memberikan materi Kepala Kankemenag Sofi’i memberikan Sertifikat kepada salah satu calon pengantin didampingi Kasi Bimas Islam Moh. Jandan Zaeni Dahlan, Kepala KUA Kec. Kembangan Sunardi, Puskesmas Kec. Kembangan Arinda.   /Joel




Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda