Wujudkan Keluarga Kekal bahagia dan Sejahtera melalui Bimbingan Pengelolaan Keuangan Keluarga - Kemenag JakBar

02 September 2019

Wujudkan Keluarga Kekal bahagia dan Sejahtera melalui Bimbingan Pengelolaan Keuangan Keluarga


Jakarta Barat (Humas) --- Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat, melaksanakan kegiatan Bimbingan Pengelolaan Keuangan Keluarga. Kegiatan ini bertujuan mewujudkan keluarga yang kekal bahagia dan sejahtera lahir bathin.

Kepala Kantor Sofi’i dalam paparannya mengatakan, pengelolaan ekonomi keluarga memang tidak mudah, banyak hal yang harus dipikirkan secara matang. Terutama bagaimana cara mengaturannya sehingga keuangan bisa digunakan secara efisien.

“Saya yakin bapak dan ibu yang hadir disini, sudah pernah mengatur keuangan keluarga masing-masing,” tanya Sofi’i saat membuka sekaligus memberikan materi pada kegiatan tersebut disalah satu Hotel di Cengkareng Jakarta Barat, Senin (02/09/2019).

“Apalagi yang didahulukan kemauanya dari pada kebutuhannya, Repot kan,?” ungkap Sofi’i dihadapan 30 peserta.

“Banyak maunya, padahal itu bukan kebutuhan pokok. Ini, ini bisa menyulitkan ekonomi keluarga,” lanjutnya.

Kepala Kantor mengingatkan, bahwa dalam mengatur keuangan keluarga itu harus dirundingkan dulu antara suami dan istri. Jangan mengambil keputusan sepihak, karena dalam sebuah rumah tangga urusan apapun menjadi urusan bersama termasuk mengatur keuangan.

“Jadi, dikelola berdua. Dahulukan kebutuhan primer baru kebutuhan sekunder,” saran Sofi’i.

Sofi’i menambahkan, kalau keuangan tidak mencukupi untuk membeli kebutuhan sekunder jangan dipaksakan, karena hal ini biasanya bisa menimbulkan ketidak harmonisan dalam berkeluarga bahkan mengarah pada keributan atau cek cok dalam rumah tangga.

“Ini yang lebih penting, untuk memperlancar rezeki berdo’a pada Allah SWT. agar diberikan rezeki yang banyak, halal dan baik,” pungkas Sofi’i.

Hadir mendampingi Kepala Kantor, Kepala Seksi Bimas Islam Mohamad Jandan Zaeni Dahlan.  /Joel

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda