Masjid Al-Ikhlas : Kajian Tafsir Qur'an Jalalain dan Munir - Kemenag JakBar

26 Februari 2018

Masjid Al-Ikhlas : Kajian Tafsir Qur'an Jalalain dan Munir
















Jakarta Barat (Inmas) - Masjid Al-Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat mengadakan kegiatan rutin yaitu pengajian setiap Senin pagi. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama H. Sofi'i, Kasubag TU H. Nur Pawaidudin, Kasie dan Penyelenggara, Pengawas, Penyuluh serta JFU di lingkungan Kankemenag Jakarta Barat, Senin (26/02/2018).

Pembahasan dalam kajian tafsir Qur'an dilakukan dalam dua sesi yaitu Tafsir Jalalain oleh Uztadz H. Andang dan Tafsir Munir oleh Ustadz Oo Suyitno. 

"Karakter orang-orang yang bertaqwa adalah yang beriman kepada yang ghoib, mendirikan sholat dengan benar, berinfaq serta yakin terhadap kebenaran Al-qur'an dan kitab-kitab terdahulu yang di turunkan kepada Nabi/Rasul," demikian H. Andang dari tafsir Jalalain.

Lebih lanjut Ustadz Andang, "bahwa karakter orang seperti yang disebutkan dalam Tafsir tadi adalah orang yang beruntung yang mendapatkan hidayah dari Allah SWT." tuturnya.

Sementara Ustadz H. Oo Suyitno dari Tafsir Munir menyampaikan, "menuntut kepada kita sebagai umat yang beriman kepada Allah untuk menerima segala rahasiaNYA. Setiap kitab memiliki rahasia, dan rahasia Al-qur'an ada di fa wa fihussuwat. faedahnya adalah agar kita mengetahui bahwa ada rahasia-rahasia yang Allah tetapkan, karena itu untuk menyikapi ayat mutasyalikat seperti ini kita wajib mengimani lahiriahnya sedangankan maksud dan maknanya kita serahkan pada Allah SWT." ujarnya.

"Kajian dua tafsir qur'an sekaligus seperti ini sangat bagus dan sangat bermanfaat sekali." ujar Arif Haryono ketua Pokjaluh Jakarta Barat ketika diminta komentarnya.  /Joel



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda