Tingkatkan Kemandirian Jamaah menjadi Haji Mabrur Melalui Manasik Haji Massal - Kemenag JakBar

16 April 2018

Tingkatkan Kemandirian Jamaah menjadi Haji Mabrur Melalui Manasik Haji Massal


Jakarta Barat (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat, H. Sofi’i didampingi Kepala Penyelenggara Haji Umroh H. Mudehir membuka acara sekaligus membina Manasik Haji Massal I Gelombang I di Aula Al-Kamal Kec. Kembangan Jakarta Barat, Sabtu (14/04/2018).

Manasik Haji Massal akan dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu sampai dengan hari Minggu tanggal 14 s.d 15 April 2018.

Dalam paparannya H. Sofi’i, menyampaikan “Pemerintah melalui Kementerian Agama mempunyai kewajiban dalam membina, memberikan pelayanan dan perlindungan kepada jamaah hajinya baik ketika berada di Indonesia maupun ketika berada di Arab Saudi dan itu haknya bagi jamaah haji termasuk bapak dan ibu yang hadir pada pembinaan hari ini.” Jelas H. Sofi’i dihadapan 756 calon jamaah haji.

“Jadi itu merupakan kewajiban yang harus kami taati dan dijalankan dengan sungguh-sungguh itu perintah undang-undang.” Lanjut H. Sofi’i.

“Jamaah haji di Jakarta Barat yang berjumlah 1394 yang terbagi menjadi dua angakatan, akan terus kami bina apakah itu persiapannya maupun tata cara ibadahnya dan pembinaan tersebut akan dilaksanakan baik secara massal maupun pembinaan manasik yang akan dilaksanakan di delapan KUA. Oleh karena itu bagi jamaah haji yang ada di Kecamatannya masing-masing agar rutin menghadiri manasik haji yang di adakan di KUA”. Ajak H. Sofi’i.

“Jadi ibadah haji itu membutuhkan persiapan yang matang, apakah itu mentalnya, fisiknya maupun kesehatannya karena ibadah haji itu berat. Apalagi nanti ketika melakukan ritual ibadah haji itu membutuhkan stamina yang kuat, misal ketika melakukan tawaf, sa’i atau rukun haji yang lainnya, maka ketika pembinaan itu dilaksanakan kami menghadirkan berbagai narasumber yang akan memberikan informasi kepada bapak dan ibu seputar persiapan pelaksanaan ibadah haji. Misal masalah kesehatan maka kami hadirkan orang dari Dinas Kesehatan” ungkap H. Sofi’i.

“Harapan saya agar bapak dan ibu sebagai jamaah haji yang sudah pasti keberangkatannya di tahun ini, agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan bertanya kepada narasumber bila ada hal-hal yang kurang dimengerti.” Harapnya. /Joel

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda