Bimtek Penguatan Kepala Madrasah, Upaya Meningkatkan Mutu Madrasah - Kemenag JakBar

04 November 2019

Bimtek Penguatan Kepala Madrasah, Upaya Meningkatkan Mutu Madrasah


Jakarta Barat (Humas) --- Kementerian Agama Kota Jakarta Barat melalui Seksi Pendidikan Madrasah dan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah, Kelompok Kerja Madrasah Tsnawiyah, Kelompok Kerja Madrasah Aliyah swasta melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kepala Madrasah di Aula Wijaya Kusuma Lt.1 Kantor Kementerian Agama Jakarta Barat, Senin (04/11/2019).

Kepala Kantor Sofi'i memaparkan, kegiatan ini ada dua tujuan yang hendak dicapai, pertama meningkatan mutu madrasah sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, kedua memberikan penguatan pada Kepala Madrasah swasta agar sistem pendidikannya selaras dengan sistem pendidikan nasional.

"Jadi ini salah satu upaya kami dalam meningkatkan mutu Madrasah," ungkap Sofi'i saat memberikan materi pada kegiatan tersebut.

Selain peningkatan mutu madrasah, bimbingan teknis ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru madrasah dan pemberdayaan pada kepala madarasah untuk mengelola anggaran pendidikan berupa bantuan kepada madrasah agar tepat sasaran.

“Ini artinya, setiap anggaran yang dikeluarkan itu harus dipertanggung jawabkan dengan cara membuat LPJnya,” imbuh Sofi’i dihadapan 51 Kepala MI Swasta.

Kepala Kantor meminta kepada seluruh Kepala Madrasah untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan kepribadiannya serta menjadi contoh yang baik bagi anak didik serta masyarakat disekitarnya sehingga membawa nama baik Kementerian Agama.

Pada kesempatan yang sama ia berharap pada guru PNS yang ada di Madrasah swasta untuk memberikan warna pada guru guru swasta.

“Artinya begini, guru PNS harus memberikan contoh yang baik, jangan sebaliknya malas-malasan,” tegas Sofi’i.

Bimtek Penguatan Kepala Madrasah dibagi dalam tiga angkatan, berlangsung dari tanggal 4 hingga 21 November 2019.  /Joel

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda