MAN 12 Jakarta : Membangun budaya literasi untuk membentuk siswa yang berwawasan dan terampil menulis karya ilmiah - Kemenag JakBar

05 Oktober 2018

MAN 12 Jakarta : Membangun budaya literasi untuk membentuk siswa yang berwawasan dan terampil menulis karya ilmiah


Jakarta Barat (Inmas) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat Sofi'i memberikan pengarahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Workshop Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik.  Bertajuk membangun budaya literasi untuk membentuk siswa yang berwawasan dan terampil menulis karya ilmiah, bermanfaat untuk membangkitkan semangat ingin tahu para siswa terhadap fenomena alam serta ilmu dan teknologi.  Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari Jumát sampai Minggu di salah satu Hotel di kawasan Mega Mendung, Puncak Bogor Jawa Barat, Jum'at (05/10/18).

Dalam pengarahannya Sofi'i menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kamad Herawati dan seluruh panitia penyelenggara. "Terima kasih, kegiatan seperti ini bisa meningkatkan daya nalar dan kreatifitas siswa. Saya pikir ini bisa menambah wawasan siswa terhadap ilmu dan teknologi," papar Sofi'i dihadapan 120 siswa kelas X - XII MAN 12 Jakarta.

"Jadi, kegiatan ini sesuai kondisi zaman. Sekarang adalah era persiapan bagi anak-anak sekalian untuk menguasai ilmu dan teknologi. Ini akan memberikan nilai tambah bagi Madrasah agar bisa unggul dan kompetitif dengan sekolah umum," lanjut Sofi'i.

Sedangkan dalam dunia jurnalistik Sofi'i menyampaikan, siswa perlu diperkenalkan bagaimana menjadi seorang jurnalis yang baik, bertanggung jawab terhadap isi beritanya, menulis berita sesuai dengan data dan fakta bukan berdasarkan asumsi. 

"Ikuti kegiatan ini dengan serius, persiapkan diri kalian untuk menjadi penulis yang baik," harap Sofi'i.

"Nasehat yang baik dari orang orang tua maupun bapak/ibu guru yang sekirannya menjadi motivasi buat kalian dicatat dan ditempelkan pada dinding, ini untuk mengingatkan pada kalian semua setiap saat. Itu yang saya lakukan dulu," pesan Sofi'i.

Sebelumnya Kamad Herawati melaporkan, "kegiatan ini dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 60 peserta untuk Kelompok Ilmiah Remaja dan 60 peserta untuk Jurnalistik. Tujuan dari kegiatan ini, agar siswa melek teknologi dan informasi sedangkan Jurnalistik bertujuan agar siswa mampu membuat berita dengan benar sesuai kaidah junalistik," ucap Herawati.

Turut hadir pada kegiatan ini adalah Kepala Tenaga Kependidikan MAN 12 Heru Wikantono, Dewan Guru, Tenaga Kependidikan dan beberapa awak media cetak. Saat berita ini diturunkan kegiatan masih berlangsung.  /Joel

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda